Motorcycle Vespa Dimas Prapanca: KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NINJA 150 CC

dim

Kamis, 12 Juni 2014

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NINJA 150 CC

Kelebihan Ninja 150 cc baik yang RR maupun SS dll adalah kecepatan yang sangat luar biasa, dimana saya pernah mencoba Kawasaki Ninja SS 150 cc dengan kecepatan maksimum 170 km/jam, sedangkan jika mesin sedikit dimodifikasi Ninja 150 cc akan mempunyai kecepatan maksimum Kawasaki Ninja 150 cc adalah 200 km/jam. Di Youtube kecepatan maksimum dari Ninja RR 150 cc berada pada 200 km / Jam. Jadi kelebihan dari Kawasaki Ninja 150 cc adalah di kecepatannya dengan mesin standar 150 cc mampu melaju dengan kecepatan hingga 170 km / Jam. Fungsi Teknologi Super KIPS dan HSAS pada Ninja 150 cc Super KIPS (Kawasaki Integrated Power valve system) merupakan teknologi system gas buang dengan memanfaatkan buka tutup pada katup pada RPM rendah dan RPM tinggi untuk meminimalisir gas buang sehingga gas buang menjadi sempurna. Teknologi Super KIPS dibantu oleh Tehnologi HSAS (High Performance Secondary Air System) dimana HSAS berfungsi untuk memasukkan udara bersih ke dalam “Exhaust Chamber” yang dapat membentuk campuran emisi gas buang CO2 serta H2O yang tidak beracun dan ramah lingkungan. Pada saat RPM lebih dari 7000rpm, maka katup Super KIPS akan membuka Katup HSAS akan tertutup, dan pada RPM rendah dibawah 7000rpm katup Super KIPS akan menutup Katup HSAS akan terbuka untuk menghindari campuran bensin dan udara yang masuk ke ruang bakar terbuang sia-sia dalam bentuk emisi.  Jadi dengan Teknologi Super KIPS dan HSAS emisi gas buang akan menjadi rendah sehingga ramah lingkungan, dan Super KIPS berfungsi juga dalam menghasilkan tenaga yang stabil baik dalam putaran mesin rendah maupun putaran mesin yang tinggi. Kawasaki Ninja SS 150 cc Kekurangan Ninja 150 cc Sistem pendingin air (sistem Radiator) pada Ninja 150 cc membuat mesin menjadi dingin, namun jika motor tidak digunakan lama / beberapa jam di udara yang dingin, maka mesin akan sulit nyala, sehingga harus mengguankan “choke” dan menunggu beberapa menit supaya kendaraan bisa nyala dan jalan, kalau kurang panaspun mesin kadang masih belum bisa jalan secara maksimal.  Selain itu Teknologi Super KIPS juga masih banyak kendala, diantaranya sering macet karena Super KIPS kotor, untuk menghindari (lebih ke perawatan) setiap pagi (mau digunakan) mesin minimal harus di geber hingga di atas 7000rpm (digeber perlahan secara beruntun dan lepas), itupun belum cukup untuk mengatasi Super KIPS yang sering macet, sehingga mau tidak mau dalam waktu beberapa bulan sekali Super KIPS harus rutin di bersihkan. Kawasaki Ninja 150 cc tidak cocok untuk dikendarai secara pelan saja setiap saat, karena kemungkinan Super KIPS akan macet lebih besar kalau jarang menggunakan / menggeber mesin pada kecepatan tinggi (lebih 7000rpm), namun jika kita berada di lingkungan yang tidak cocok untuk kecepatan tinggi maka itu tidaklah mungkin dilakukan, selain itu pada 7000rpm dengan knalpot racing tentunya akan membuat bising dan mengganggu orang lain.

Read more at: http://motorselip.blogspot.com/2014/02/kawasaki-ninja-150-cc.html
opyright http://motorselip.blogspot.com Under Common Share Alike Atributio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar